Senin, 20 Januari 2014

Google Buat Peringatan Dini Bencana Alam di Indonesia

Perusahaan raksasa Internet dunia, Google, menaruh perhatian lebih kepada Indonesia. Khususnya dalam menangani bencana alam yang menimpa Tanah Air.

Kepedulian Google kepada Indonesia telah disampaikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Raksasa Internet asal California itu menawarkan jasa untuk menampilkan peringatan dini terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia.

"Sudah sejak tahun lalu Google mengajak kerja sama BNPB terkait publikasi akan peringatan dini bencana alam di Indonesia," kata Sutopo Purwonugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, di BPPT, Senin 20 Januari 2014.

Dia menuturkan, bahkan tanggal 15 dan 18 Januari 2014 kemarin, Google kembali mengirimkan surat elektronik yang berisi tawaran kerja sama tersebut.

"Bentuk peringatan yang akan dikeluarkan oleh Google itu berupa peta bencana, warning alert, dan keterangan bencana. Nanti semuanya akan dipublikasikan melalui Google Crisis Response, berupa Google Public Alert, Google Crisis Maps, dan Google Person Finder," ungkap Sutopo.

Dengan fasilitas itu, tambah Sutopo, BNPB bisa mencari orang hilang, menginformasikan titik-titik daerah yang membutuhkan bantuan, dan titik lokasi yang berstatus siaga, misalnya keadaan pintu air.

"BNPB sebenarnya bisa menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat. Tapi, daerah jangkauan informasi hanya sebatas Indonesia. Bersama Google, maka informasi akan lebih cepat disampaikan dan jangkauannya semakin luas," jelas Sutopo.

Sutopo berharap, kerja sama dengan Google ini bisa terealisasi di tahun 2014. Sebab, peringatan yang nanti dikeluarkan oleh Google Crisis Response akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

"Sampai saat ini, sudah ada beberapa data yang diberikan ke Google, terutama yang terkait dengan bencana alam di Indonesia," ujar Sutopo.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar