Rabu, 12 Februari 2014

"Flappy Bird" Bikin Susah Penciptanya

Game Flappy Bird tak butuh waktu lama untuk melesat, hanya kurang dari setengah tahun langsung digandrungi para gamer dan menjadi game populer. Cukup fantastis untuk ukuran aplikasi game baru. 
Sebaliknya, kegoncangan yang melanda sang pencipta Flappy Bird, Dong Nguyen, malah sangat singkat, hanya hitungan kedipan mata atau tiga detik saja. Dalam waktu sekejap, ia beralih dari kesenangan menjadi kesusahan. 

Dilansir The New Paper, Rabu 12 Febuari 2014, Nguyen tercatat masih mengagungkan game besutannya pada Sabtu petang akhir pekan lalu. Pada pukul 06.12 petang itu, ia masih sempat terekam memasang tautan sebuah artikel daro PCMag yang berbagi tujuh tips untuk membuat game populer. 

Pada rentang waktu ini juga Nguyen masih sempat menjawab pujian yang dikirimkan gamer melalui akun Twitternya, @dongatory. 

Namun hanya tiga detik berselang, tepatnya pukul 06.15, kondisi berbalik 180 derajat. Nguyen tiba-tiba menuliskan cuitan dengan nuansa yang sangat berbeda, aneh, penuh penyesalan.

"Saya bisa menyebut Flappy Bird sebagai kesuksesan saya. Tapi ini juga meruntuhkan kehidupan sederhana saya. Jadi sekarang, saya membencinya," tulis Nguyen dalam akun Twitternya. 

Minta Maaf

Melalui akun Twitter, Nguyen tak lupa menyampaikan permintaan maaf pada pengguna Flappy Bird, karena dalam hitungan jam game itu tidak lagi bisa diunduh.

"Ini tak ada kaitannya dengan masalah hukum. Saya hanya tidak tahan. Maafkan saya para pengguna 'Flappy Bird', 22 jam dari sekarang, saya akan mematikan 'Flappy Bird'," kata Nguyen.

Masalahnya, pengembang Vietnam yang berasal dari Kota Hanoi itu mengaku merasa tak nyaman sejak game ini diperbincangan di media massa. Belakangan, Flappy Bird dituduh menjiplak game bertajuk Piou piou.

Gameplay-nya sangat mirip, sehingga disinyalir mustahil jika Nguyen membuat game tersebut dalam waktu tiga hari kecuali mencontek. Akan tetapi, spekulasi ini dibantahnya di Twitter.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar