Sabtu, 21 September 2013

Tetris Ulang Tahun ke-25

VIVAnews - Tak terasa, game Tetris telah memasuki usianya yang keseperempat abad, pada Sabtu pekan ini.

Bila Anda lupa atau belum tahu, game Tetris adalah game yang mengharuskan pemainnya, menyusun berbagai macam balok agar tetap teratur dan rapi.

Pemain boleh memutar-mutar balok tersebut dan menempatkannya agar tidak ada ruang kosong yang tersisa pada setiap susunan baris.

Permainan Tetris diciptakan oleh programmer asal Rusia Alexey Pajitnov pada Juni 1984. Permainan ini pertama kali muncul untuk komputer IBM, dan kemudian menjadi permainan teka-teki yang sangat populer.

Seperti dilansir dari CNet, pada tahun 1987, Tetris mencetak kesuksesan besar di Amerika Serikat. Namun itu belum apa-apa, sampai saat Nintendo menampilkan permainan ini di handheld besutannya, Game Boy. Versi Game Boy Tetris terjual lebih dari 35 ribu juta kopi.

Nama Tetris merupakan kombinasi antara kata 'Tetromino' (blok-blok persegi berjumlah empat) dengan kata 'Tennis' yang merupakan olahraga kesukaan Pajitnov.

Pajitnov sendiri hanya mendapat sedikit keuntungan dari game ciptaannya. Sebelum game Tetris versi Nintendo dirilis, terjadi percekcokan masalah hak cipta game ini.
Baik Atari Games, pemerintah Uni Soviet, dan Nintendo, sempat bertarung di meja hijau untuk memperebutkan hak ciptanya.

Akhirnya, perusahaan holding Tetris menjadi agen eksklusif untuk hak cipta Tetris. Sejak itu lahirnya perusahaan itu, game Tetris Online kemudian masih saja menarik hingga 1,5 juta pengunjung  game tiap bulannya.

Game ini sekarang tersedia di sekitar 50 maskapai penerbangan di dunia. Ia juga tersedia di berbagai jenis ponsel, Sementara versi Tetris di konsol Nintendo DS juga terjual hingga 2 juta kopi.

Sekarang Pajitnov telah kembali memimpin perusahaan Tetris. "Kami memiliki rencana yang menarik untuk Tetris di masa depan," ujar Pajitnov dalam pernyataan tertulisnya.
Pajitnov mengungkapkan keinginannya agar Tetris bisa lebih banyak diakses oleh anak-anak, para ibu yang sibuk, dan setiap orang yang menginginkan hiburan, stimulasi, serta cara melarikan diri dari rutinitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar