Senin, 04 November 2013

Apple Ditinggal Figur Utama Pengembang iOS

Apple ditinggalkan salah satu pilarnya. Henri Lamiraux, Wakil Presiden iOS Apple pensiun setelah mengabdi selama lebih dari dua dekade, tepatnya 23 tahun, di perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu.


Dilansir Appleinsider, Senin 4 November 2013, kepastian status Lamiraux ke luar minggu lalu, di mana ia telah mengganti statusnya menjadi pensiun pada laman situs jejaring profesional LinkedIn.

Sebenarnya, menurut laporan laman 9to5Mac, posisi purna tugas Lamiraux sudah dimulai sejak beberapa minggu lalu, tak lama setelah iOS 7 versi 0.3 dirilis.

Peran Lamiraux sangat fundamental dalam pegembangan sistem operasi Apple. Ia dianggap berhasil atas distribusi dan pengembangan fitur, memperbaiki celah (bug) dan kerangka aplikasi untuk sistem operasi Apple itu. Dia pula yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi di atas platform iOS.

Secara struktural, Lamiraux bekerja di bawah arahan Wakil Presiden Senior Rekayasa Piranti Lunak, Craig Federighi, yang bertanggung jawab untuk iOS dan OS X.

Sebuah sumber yang dikutip laman 9to5mac mengatakan, Lamiraux pada dasarnya merupakan kepala iOS, sementara Federighi dianggap berhasil dalam manajemen semua piranti lunak Apple.

Sejak 1990

Lamiraux pertama kali bergabung dengan Apple pada tahun 1990 sebagai insinyur piranti lunak untuk platform Mac, yang kemudian diganti dengan OS X.

Satu dekade berselang, ia menduduki posisi manajerial untuk pengalaman platform OS X sebelum akhirnya menjabat direktur teknik sistem operasi pada tahun 2004.

Setahun kemudian, Lamiraux beralih ke divisi kerangka dan aplikasi penting iOS sebagai direktur rekayasa piranti lunak dan empat tahun kemudian menjabat wakil presiden iOS pada September 2009.

Kepergian Lamiraux kemungkinan besar akan menghentikan perubahan sistem operasi Apple untuk sementara. Boleh dibilang, pecinta Apple harus menunggu agak lama untuk sebuah desain yang baru dari iOS.

Divisi rekayasa software sudah mengerjakan pengembangan OS X Maverick dan iOS 7. Sisanya, yang patut ditunggu yakni OS X 10.10 yang berkode nama Syrah, fitur antarmukanya didesain ulang.

Sampai saat ini pihak Apple belum memberikan komentar apapun terkait purna tugas Lamiraux.

Tampilan akun Henri Lamiraux di LinkedIn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar