Senin, 04 November 2013

Australia: Indonesia juga menyadap kami

Aksi mata-mata yang dilakukan Australia terhadap Indonesia ternyata berdampak pada kemarahan para hacker Nusantara. Namun rumornya, tidak hanya Australia, Indonesia juga melakukan hal serupa.


Kabarnya, Australia mulai melakukan aktivitas mata-mata terhadap Indonesia sejak tahun 1950-an. Pada saat itu, memang sempat terjadi perang dingin antara kedua belah pihak.

Bahkan, ketika terjadi kudeta militer pada tahun 1965-1966, Australia juga gencar sekali melakukan aksi tersebut. Namun, dikutip dari sebuah website bernama Communities.deakin.edu.au (01/11), ternyata sejak era Soeharto, Indonesia juga melakukan aktivitas penyadapan serupa.

Walaupun tidak seperti kecanggihan yang dilakukan oleh NSA, badan milik Amerika Serikat, namun aktivitas memata-matai secara fisik melalui para pelajar yang ada di Australia sampai dengan penyadapan melalui telepon juga dilakukan oleh Indonesia.

Sayangnya, sampai sekarang informasi yang muncul berasal dari pihak Australia saja. Belum ada penjelasan atau pun bukti dari pihak Indonesia.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar