Selasa, 26 November 2013

Bulan depan China luncurkan roket ke Bulan

Surat kabar pemerintah China, Xinhua, menyatakan awal Desember mendatang Negeri Tirai Bambu itu akan segera menjalankan misi berangkat ke Bulan.

Setelah lebih dari satu dekade berhasil mengirim seorang astronot ke luar angkasa, kini China akan menjejakkan kaki di Bulan, seperti dilansir stasiun televisi CNN, Selasa (26/11).

Juru bicara Badan Administrasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri China mengatakan roket bernama Chang'e-3 itu rencananya diluncurkan dari Provinsi Sichuan, terletak di barat daya China. Roket itu diharapkan akan mendarat di permukaan Bulan pada pertengahan bulan depan.

Misi antariksa itu akan menjadi percobaan pertama China mendarat di Bulan setelah sebelumnya Uni Sovyet berhasil mendaratkan roket Luna 24 pada 1976 dan Amerika Serikat dengan Apollo 11.

Setelah mendarat di Bulan, pesawat luar angkasa itu akan melepaskan robot Jade (Yutu dalam bahasa China) alias mesin beroda enam yang mampu menjelajahi permukaan Bulan dilengkapi empat kamera dan dua kaki mekanik untuk menggali tanah di Bulan. Robot itu rencananya menjelajahi permukaan Bulan untuk waktu tiga bulan.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar