Sabtu, 23 November 2013

Politisi Australia yang Hina Menlu RI Tutup Akun Twitter

Penasihat Senior Partai Liberal Mark Textor menutup akun Twitter-nya setelah menerima sejumlah ancaman kematian atas twit kontroversialnya tentang Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dilansir Sydney Morning Herald, Sabtu 23 November 2013, Textor mengatakan “Menerima terlalu banyak ancaman kematian.” Ia pun merasa tidak layak menghabiskan tenaga untuk meladeni berbagai ancaman tersebut – yang datang hanya karena satu twitnya.

Akun Twitter resmi Textor pun, @markatextor, dihapus. Namun kemudian muncul akun palsu atas nama yang sama.

Textor memicu reaksi keras publik, baik di Indonesia maupun Australia, setelah Kamis kemarin mem-posting serangkaian twit bernada menghina atas Menlu dan Presiden RI.

“Permintaan maaf yang dituntut dari Australia oleh seorang pria yang mirip dengan bintang porno Filipina tahun 1970-an, secara etis memang sesuai,” tulis Textor. “Kepala negara macam apa yang berkomunikasi dengan kepala negara tetangganya lewat twitter? SBY,” tulis dia lagi.

Twit Textor itu langsung menjadi bumerang. Terlebih, Textor berasal dari partai pimpinan Perdana Menteri Tony Abbott yang kini tengah menghadapi tekanan luas dari publik Australia untuk segera menyelesaikan ketegangan diplomatik dengan Indonesia.

Petinggi Partai Liberal langsung memerintahkan Textor untuk tutup mulut dan tak banyak berulah. Mayoritas publik Australia bahkan ingin dia dipecat saja dari Partai Liberal.

Sebelum menghapus akun Twitter-nya, Textor sempat meminta maaf kepada rakyat Indonesia. “Kicauan saya tidak ditujukan kepada individu tertentu. Maaf dari saya kepada Indonesia. Twitter memang bukan tempat untuk berdiplomasi,” tulis dia – juga lewat Twitter.

PM Abbott yang selama ini memandang Textor sebagai salah satu penasihat terdekatnya, enggan berkomentar soal twit Textor. “Itu adalah pernyataan-pernyataan bodoh yang telah ditarik, dan ia telah meminta maaf,” kata Abbott.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar