Sudahkan Anda mendengar tentang Jomblo.com? Ya, dari nama domain ini
sendiri, kita pasti berpikir bahwa situs ini merupakan situs kencan
biasa. Tetapi Jomblo.com juga ingin dikenal sebagai situs pertemanan
atau komunitas yang menggabungkan jejaring sosial dan profile matching.
Saat ini Jomblo.com sedang memasuki tahap beta dan akan diluncurkan pada
awal 2014.
Menjawab apa motivasi awal saat memulai startup ini,
Darrick Rochili, founder Jomblo.com, berkata bahwa ia percaya pada
kesempatan untuk menyediakan platform bagi orang-orang untuk mengejar
gairah hidup mereka melalui teman, aktivitas, dan kesempatan-kesempatan
baru. Saat ini Jomblo.com sudah berhasil meraih lebih dari 5.000 member
terdaftar, rata-rata 25.000 page view, dan lebih dari 3.000 unique user.
Mengundang para single untuk tetap positif
Karena
Jomblo.com mengusung konsep komunitas, para single diharapkan untuk
tidak 'galau' walaupun belum memiliki pasangan, karena dengan bergabung
dalam komunitas di Jomblo.com, mereka dapat bertemu dengan teman-teman
yang memiliki minat sama.
"Kami ingin membuat Jomblo.com berbeda
dibandingkan situs kencan yang lainnya dengan menawarkan platform
jejaring sosial untuk bertemu orang dengan minat yang sama, kemudian
mengajak mereka berpartisipasi dalam grup dan aktivitas yang melayani
minat tersebut."
Di Jomblo.com, pengguna akan diminta untuk
registrasi dan melakukan konfirmasi email. Setelah itu, mereka akan
diminta untuk melengkapi akun mereka dengan minat, hobi, aktivitas, dan
foto profil. Para pengguna kemudian dapat melihat feed dari teman,
aktivitas, serta group mereka. Mereka juga dapat mencari kenalan,
aktivitas, dan grup berdasarkan kriteria yang cocok dengan minat atau
profile mereka. Dari sini, pengguna dapat membangun network dengan
berbagai entitas melalui pesan pribadi atau saling posting di halaman
profil orang lain.
Saat ini, kriteria profil yang digunakan untuk
proses pencocokan adalah kesamaan minat atau hobi, tipe aktivitas
(indoor, outdoor, atau keduanya), gender (laki-laki, perempuan, atau
keduanya), lokasi, dan budget. Jomblo.com tetap memberikan opsi untuk
menghiraukan beberapa kriteria berikut ini. Tersedia juga fitur 'Cari
Jomblo Asik', pengguna dapat mengatur tingkat kecocokan yang dikehendaki
dalam mengombinasikan sejumlah kriteria minimum.
Persaingan di ranah situs kencan
Sudah
banyak pemain seperti Jomblo.com di Indonesia, antara lain Setipe dan
Tristup, tetapi Darrick hanya mengatakan bahwa ada beberapa situs kencan
yang bisa Anda temukan di Google, namun hampir semua hanya berfokus
pada kencan itu sendiri.
"Kami tidak hanya berfokus spesifik pada
kencan saja, walaupun konsep matchmaking berdasarkan kesamaan minat
adalah sesuatu yang tetap kami perkuat dan tawarkan."
Rencana ke depan dan cara monetisasi
Menjelang
peluncuran, Jomblo.com sedang menjalankan kampanye lomba foto 'Jomblo
Asik' untuk mengajak para user baru untuk bergabung. Dengan adanya
pengguna awal, Jomblo.com menggunakan saran yang diperoleh untuk
meningkatkan layanan di masa pre-launching. Beberapa peningkatan layanan
yang telah dilakukan antara lain adalah implementasi desain yang lebih
responsif dan user friendly.
Darrick berpendapat bahwa potensi
market Indonesia sangatlah besar, apalagi dengan belum adanya sosial
atau profile matching network yang menjadi top of mind. Saat ini,
Jomblo.com berniat untuk terus membangun brand awareness. Situs ini akan
memulai peluncuran pada awal 2014, yang kemudian diteruskan dengan
aktivitas dan kampanye sepanjang tahun.
Metode monetisasi utama
dari Jomblo.com tahun depan adalah dari periklanan dan premium
membership dengan fitur pencocokan yang lebih kompleks bagi pengguna.
[Sumber]
sama sama gan :)
BalasHapus