Sabtu, 21 Desember 2013

Michel Mayor, Sosok Pemburu Planet Kembaran Bumi

Para ilmuwan terus mencari keberadaan planet yang mirip dengan lingkungan Bumi. Itu dilakukan sebagai upaya mencari tempat baru untuk keberlangsungan manusia di masa depan.

Melansir laman Nature, Jumat 20 Desember 2013, salah satu ilmuwan yang giat mencari planet "kembaran" Bumi adalah Michel Mayor, astronom dari University of Jenewa, Swiss. Dia bersama timnya sudah menemukan ratusan eksoplanet selama dua dekade terakhir.

Di tahun 2013, pemburu planet yang sudah berusia 71 tahun itu mencatat penemuan yang luar biasa. Mayor berhasil menemukan eksoplanet mirip Bumi bernama Kepler 78b. Planet itu memiliki kepadatan, ukuran, dan jarak tidak terlalu jauh dari Bumi.

"Kepler 78b sangat mirip dengan Bumi. Planet itu memiliki kandungan air yang banyak dan mengorbit pada sebuah matahari sendiri. Saya ingin merayakan penemuan ini sebelum pensiun," kata Mayor.

Bagi Anda yang belum tahu, eksoplanet merupakan planet-planet yang berada di luar sistem Tata Surya. Planet-planet ini berada dalam orbit lain dan mengelilingi matahari mereka sendiri.

Sebelumnya, Mayor juga pernah menemukan planet kembaran Bumi pada tahun 1995 silam. Bersama rekannya Didier Queloz, dia berhasil menemukan eksoplanet yang mengorbit pada mataharinya sendiri.

"Mayor adalah orang yang berbakat menggunakan alat-alat teknologi. Tahun demi tahun, dia terus mengembangkan alat untuk menemukan planet kembaran Bumi. Saya kagum setiap kali melihat dia melakukan perburuan eksoplanet," kata Geoff Marcy, seorang pemburu eksoplanet dari University of California, AS.





Sampai saat ini, Mayor masih terus melakukan perburuan eksoplanet. Usaha itu dilakukan untuk mencarikan tempat baru bagi manusia kelak jika Bumi sudah tidak mendukung untuk kehidupan.

Dia berjanji dalam waktu lima tahun lagi akan menemukan kembali planet yang mirip dengan Bumi.

"Ketika Anda menemukan sebuah kubah dan ada instrumen langit di atasnya. Itu adalah sebuah kenikmatan besar," kata Mayor.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar