Kamis, 13 Februari 2014

Gunung Kelud dalam fase kritis, siap erupsi

Kondisi Gunung Kelud yang berada di ketinggian 1.731 di atas permukaan laut di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri dalam fase kritis. Status bisa berubah meningkat menjadi awas.

Hal ini ditunjukkan dengan kegempaan yang terus meningkat, terbukti dalam 12 jam terakhir telah terjadi 453 kali gempa, dan jika suhu kawah mencapai 70 derajat Celcius maka akan terjadi erupsi.

"Gempa vulkanik dangkal semakin meningkat di atas level normal dan gerakan kubah lava juga semakin kuat. Jika terus meningkat maka akan segera akan dinaikkan ke status awas, namun itu belum bisa ditentukan kapan waktunya," kata Gede Swastika, Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, di Pos Pantau Gunung Kelud, Rabu (13/2).

Data yang diperoleh merdeka.com per hari ini, Rabu (13/2) pukul (06.00-12.00) terjadi 85 kali gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal 245, low frekuensi 65 dan suhu 57.4 derajat Celcius.

"Saat ini dalam fase kritis, karena dalam status siaga untuk menjadi awas kurang satu level lagi. Berdasarkan pengalaman yang ada untuk menaikkan status jika kegempaan sudah tidak bisa dihitung lagi, yakni terjadinya gempa tremor," ujar Gede.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar