Sabtu, 31 Mei 2014

3 Alasan kenapa buffering YouTube lama

Menjadi satu hal yang sangat menjengkelkan ketika sedang menonton video di YouTube harus menunggu waktu cukup lama karena buffering. Ternyata masalah buffering itu bukan salah YouTube atau juga Google sebagai pemiliknya.

Terkadang ada banyak orang yang menyalahkan YouTube karena waktu buffering yang lama dan kualitas video yang ditampilkan tidak maksimal. Akan tetapi YouTube dan Google tidak mau disalahkan karena memang hal tersebut adalah salah pengguna layanan dan juga Internet Service Provider (ISP) nya.

Sebuah tool baru yang bernama Google Video Quality Report dapat memperlihatkan berapa level dari kualitas video di YouTube yang jaringan streamingnya melalui layanan ISP.

Dalam penjelasannya, seperti yang dilansir oleh Techno Buffalo (30/05), jeleknya kualitas video dan lamanya waktu buffering itu dikarenakan oleh paketan data yang digunakan sudah menipis sehingga sangat sulit untuk menerima data dengan kapasitas besar.

Kedua adalah salah dari ISP yang digunakan. Menurut YouTube, ISP adalah pemegang peran utama dalam pengaturan kecepatan, seberapa cepat data video dari server pusat ke perangkat pengguna.

Selain waktu, kualitas video yang dikirimkan juga tergantung kepada pihak ISP sebagai penyalur layanan internet. Setelah faktor paketan data dan ISP, unsur ketiga yang membuat streaming di YouTube membutuhkan waktu buffering lama dan kualitasnya kurang baik dikarenakan banyaknya orang yang menonton satu video yang dikehendaki dalam satu waktu yang bersamaan.

Dikarenakan video-video di YouTube mayoritas dapat ditonton secara gratis, maka tidak ada pengaturan bagaimana waktu buffering dan kualitas video dapat dihilangkan.

Tentunya hal itu merupakan satu kelemahan YouTube karena penyedia video streaming lain seperti Netfix, Hulu dan lainnya memiliki layanan berbayar yang dapat mengirimkan data dengan kualitas terbaik serta waktu buffering yang cukup pendek.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar