Kamis, 05 Mei 2016

[VIDEO] 5 Bom Nuklir Terbesar Yang Pernah di Ciptakan

Jika kalian hanya mengetahui megenai bom atom yang menghancurkan kota Nagasaki dan Hiroshima dalam hitungan detik, mungkin kalian akan terkejut dengan 5 bom nuklir berikut ini. Dampak ledakan bom biasanya dihitung dengan satuan "TNT Equivalent" 1 gram TNT setara dengan energi
4.184 joule, sementara untuk bom atom dan bom nuklir biasanya dihitung dengan satuan "Tons of TNT" 1 ton TNT setara dengan energi 4 juta joules! Sementara ditingkatan selanjutnya ada Kiloton of TNT yang setara dengan 4 milyar joules dan Megaton of TNT yang setara dengan 4 trilyun joules.


1. Ivy Mike




Ivy Mike adalah sebuah bom nuklir hidrogen eksperimental milik Amerika Serikat, yang dijatuhkan di Pulau Enewetak di kepualuan pasifik pada 1 November 1952. Bom ini merupakan bom nuklir hidrogen pertama yang berhasil diledakkan. Ivy Mike mampu menghasilkan ledakan dengan kekuatan 10 Megaton TNT atau setara dengan 40 trilyun joules.


2. Castle Romeo




Castle Romeo merupakan salah satu dari 7 bom nuklir lithium hidrat terdahsyat yang pernah diciptakan Amerika Serikat. Castle Romeo diledakkan pada 25 Maret 1954 dalam Proyek ujicoba nuklir "Castle". Bom dahsyat ini diledakkan di pulau Bikini Atoll, Kepulauan Marshall, Samudera Pasifik dan mampu menghasilkan energi sebesar 11 Megaton TNT.

3. Castle Bravo



Castle Bravo merupakan nuklir terdahsyat diantara nuklir lainnya dalam Project Castle. Castle Bravo diledakkan di pulau yang sama dengan Castle Romeo pada tanggal 1 Maret 1954. Dalam satu detik itu membentuk kubah emas hampir 4,5 mil (7 km) di, terlihat lebih dari 250 mil (400 km) jauhnya.


4. Castle Yankee





Castle Yankee diledakkan pada tanggal 5 Mei 1954, Bikini Atoll. Bom ini diharapkan dapat menghasilkan ledakkan 6 hingga 10 megaton. Namun, ternyata ledakan yang membakar ini menghasilkan 13,5 ton. Ini merupakan ledakan terbesar kedua yang pernah di uji coba oleh senjata fusi AS.



5. Tsar Bomba





Tsar Bomba adalah Senjata termonuklir buatan Uni Soviet, bom ini diledakkan di pulau Novaya Zemlya, Rusia Utara pada 30 Oktober 1961. Tsar Bomba merupakan bom nuklir terdahsyat yang pernah diciptakan umat manusia. Tsar Bomba memiliki daya ledak sebesar 50 Megaton TNT, ini 8 kali  tinggi gunung everest.



[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar