Kamis, 04 Agustus 2016

[VIDEO] 5 Planet Yang 'Layak' di Huni Manusia

Galaksi Bima Sakti
Tahukah agan galaksi kita Bima Sakti, ada sekitar 200 milyar lebih bintang dan sekitar 100 milyar planet. Itu cuma di galaksi kita aja. Sementara di alam semesta ini, diperkirakan ada 100 milyar galaksi.

Jumlah yang banyak banget bukan, dan itu sering membuat kita bertanya-tanya, “Planet-planet itu ada penghuninya nggak, ya? Penghuninya tampangnya kayak gimana, ya? Kalau manusia pindah ke sana kira-kira bisa gak, ya?” Para ilmuwan s udah lama mendiskusikan dan menemukan beberapa planet yang katanya bisa ditempati manusia. Planet-planet ini disebut juga exoplanet atau extrasolar planet, yaitu planet yang mengorbit sebuah bintang selain Matahari. Contohnya mereka ini...

1. Mars

Planet Mars
Planet Mars dikatakan bisa dihuni manusia karena tanahnya mengandung air, punya atmosfer (tipis) yang bisa melindungi dari radiasi Matahari, dan waktunya hampir sama dengan waktu bumi.
Bahkan badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, menargetkan akan menempatkan manusia di planet merah itu pada tahun 2030 mendatang.

2. Kepler-186f

Perbandingan antara bumi dan Kepler-186f
Kepler-186f adalah salah satu exoplanet pertama seukuran bumi yang mengorbit dekat bintang, sama seperti bumi dan matahari. Planet ini ukurannya sekitar 10% lebih besar dari Bumi. Sejauh ini bumi memang masih merupakan satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Jika Kepler-186F terbukti dapat ditinggali oleh manusia, maka ini akan menjadi sebuah penemuan yang sangat besar.
Namun, atmosfer planet ini tidak diketahui, karena letaknya berada sekitar 500 tahun cahaya dari bumi, tepatnya pada konstelasi Cygnus.

3. Gliese 667Cc

Gliese 667Cc memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding Bumi & Mars
Planet Gliese 667Cc terletak 22 tahun cahaya dari Bumi, letaknya di konstelasi Scorpius dan mengorbit bintang Gliese 667C yang punya dua saudara bintang lain dalam jarak berdekatan.
Gliese 667Cc disebut salah satu exoplanet yang secara fisik sangat mirip dengan bumi, dan satu tahun di planet ini sama dengan sekitar 28 hari di Bumi. Lah, cepet tua dong kita gan XD

4. HD 40307 g

Gambaran dari Planet HD 40307 G
HD 40307g berada di zona layak huni, sistem bintangnya yang memungkinkan air dalam bentuk cair terbentuk di permukaannya. Letaknya di konstelasi Pictor, sekitar 42 tahun cahaya dari Bumi.
Planet ini berputar di sekitar bintang induknya pada jarak 56 juta mil (90 juta km) dan membutuhkan waktu 198 hari untuk membuat satu orbit lengkap. Kemungkinan planet ini bisa dihuni atau tidaknya masih diteliti. Masalahnya, atmosfer planet ini belum diketahui.

5. Kepler-452b

Perbandingan antara Bumi dengan Kepler-452b
Kepler-452b adalah exoplanet mirip bumi yang paling potensial, kondisi planetnya berbatu, dan massanya lima kali Bumi, dan gravitasi di permukaannya dua kali gravitasi Bumi.
Posisi Kepler-452b dari bintangnya sama persis dengan jarak posisi antara Bumi dan matahari. Namun, Kepler-452b jaraknya 1.400 tahun cahaya dari tata surya Bumi, dan manusia belum mampu membuat pesawat luar angksa yang mampu berkecepatan cahaya.


[Referensi1]
[Referensi2]
[Referensi3]
[Referensi4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar