Rabu, 23 Oktober 2013

Militer Dituduh Sebabkan Kebakaran Hutan Australia

Sebuah hasil investigasi awal soal penyebab kebakaran hutan di negara bagian New South Wales, Australia, berhasil menemukan penyebab kebakaran karena alat peledak yang digunakan saat latihan militer. Latihan militer itu digelar pada tanggal 16 Oktober kemarin di tempat latihan militer di
Marrangaroo, NSW.

Menurut investigasi oleh pemadam kebakaran, dilansir New Zealand Herald, Kamis 24 Oktober 2013, kebakaran disebabkan ledakan yang berasal dari area itu pada Rabu kemarin," ujar juru bicara pemadam Australia.

Akibat kebakaran itu, kawasan Blue Mountain termasuk salah satu yang porak poranda. Si jago merah telah menghanguskan 46 ribu hektar area hutan yang ada di sana. Sebanyak 193 rumah habis dilalap api. Selain itu api turut menyebar hingga ke wilayah Lithgow di sepanjang tepi utara Blue Mountains.

Kantor berita CNN melaporkan dari 66 titik api yang masih aktif, sebanyak 24 di antaranya tidak dapat dikendalikan.

Hasil investigasi itu, sontak membuat Walikota Blue Mountain, Mark Greenhill, kecewa. Kekecewaan semakin bertambah ketika dia tidak mendengar satu pun respon dari pihak Dephan.

"Saya berharap dengan cuaca kering, hari yang panas dengan angin, militer Australia seharusnya paham, bahwa itu bukanlah waktu yang tepat untuk menyalakan api," kata Greenhill, dilansir ABC.

Sementara Dephan Australia pada Rabu malam kemarin mengaku telah mengetahui soal hasil investigasi awal yang dikeluarkan RFS NSW. Namun, mereka mengatakan tidak ingin menyimpulkan terlalu cepat, karena tim Dephan turut melakukan investigasi mandiri.

"Dephan turut melakukan investigasi mengenai alat peledak yang digunakan selama latihan militer kemarin. Doa dan harapan kami terus menyertai mereka yang terkena dampak dari kebakaran di NSW, khususnya yang mereka terpaksa harus kehilangan harta dan rumahnya," ujar perwakilan Dephan.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar