Selasa, 07 Januari 2014

Astronot Juga Foto 'Selfie' di Luar Angkasa

Istilah 'selfie' tengah menjadi tren di generasi muda zaman sekarang. Selfie diartikan sebagai aksi foto narsis yang mengabadikan gambar diri sendiri melalui ponsel atau kamera digital.

Tapi, selfie tidak hanya digandrungi oleh masyarakat di Bumi. Tren itu juga melanda kalangan astronot yang sedang berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Melansir Softpedia, Selasa 7 Januari 2014, seorang astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga melakukan foto selfie ketika sedang bertugas spacewalk, atau keluar dari ISS untuk memperbaiki kerusakan pada sistem pendingin.

Mike Hopkins menyempatkan diri untuk melakukan foto selfie dengan berlatar belakang planet Bumi. Foto selfie dari Hopkins terlihat sangat indah, karena Bumi terlihat begitu biru.

Foto selfie yang diambil oleh Hopkins berada di ketinggian 420 kilometer di atas permukaan laut, tepat di orbit ISS di luar angkasa. Diduga foto selfie tersebut diambil dengan menggunakan kamera digital yang biasa dibawa oleh para astronot.

Tugas memperbaiki sistem pendingin ISS itu dilakukan pada malam Natal, 24 Desember 2013 lalu. Astronot NASA yang juga mendapat tugas itu adalah Hopkins dan rekannya Rick Mastracchio.

NASA tidak mempermasalahkan foto selfie yang dilakukan oleh Hopkins. Sebab, NASA menjadwalkan perbaikan pada sistem pendingin ISS dalam waktu tujuh jam.

Tapi, Hopkins dan rekannya Rick Mastracchio menyelesaikan tugas lebih cepat, sehingga memiliki waktu senggang sebelum kembali ke dalam stasiun.

"Tugas di malam Natal ini adalah sebuah hadiah kecil menjelang detik-detik datangnya hari Natal. Memperbaiki sistem pendingin di luar ISS ibarat sedang membuka bungkus kado Natal," kata Mastracchio.

Sebenarnya Manajer ISS telah menunda rencana misi perbaikan ISS sampai bulan Januari 2014. Namun, NASA memerintahkan untuk segera melakukan perbaikan pada Natal ini, karena ditakutkan tingkat kebocoran pada sistem pendingin akan meluas.

Kejadian serupa juga terjadi pada malam Natal tahun 2009. Dua astronot NASA, Steve Smith dan John Grunsfeld, juga harus rela melakukan misi perbaikan Teleskop Hubble pada saat malam Natal.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar