Selasa, 14 Januari 2014

Facebook Paper, Senjata Facebook "Bunuh" Flipboard

Facebook dikabarkan telah menyiapkan aplikasi berita sosial dengan nama kode Facebook Paper. Menurut klaim sumber internal perusahaan, Facebook Paper akan diluncurkan akhir bulan ini.

Facebook Paper digadang-gadang bisa menjadi pembunuh layanan majalah digital populer Flipboard, dilansir Slahshgear, Rabu 15 Januari 2014.

Layanan ini sudah menjadi rumor lama yang berembus. Jika benar, Facebook Paper merupakan upaya perusahaan untuk memonetisasi pengguna mobile-nya.

Seperti halnya Flipboard, Facebook Paper disebutkan mirip dengan layanan situs berita digital populer itu. Facebook Paper mengumpulkan konten dari sejumlah sumber terpercaya, lalu dapat di-share dengan teman pengguna. Uniknya, layanan besutan Facebook ini kemungkinan menempatkan ruang update status dari pengguna Facebook lain.

Mengenai inisiasi layanan Paper disebutkan berawal dari keinginan tim pengembang Facebook untuk meremajakan News Feed. Mengingat, dipandang terlalu ambisius, kemudian proyek peremajaan itu dipecah menjadi beberapa komponen. Dikatakan, hanya satu komponen pengembangan yang akan diuji coba kepada publik pada Maret 2014.

Nah, proyek Facebook Paper merupakan komponen yang terpisah. Proyek ini kabarnya merupakan proyek mandiri yang dipimpin langsung Vice President of Product Facebook, Chris Cox, dan desainer antarmuka Mike Matas.

Sejauh ini, Facebook belum berkomentar soal pengembangan produk Paper, meski santer di kalangan internal dan sumber menyebutkan Paper akan hadir pada akhir bulan ini.

Sebagaimana diketahui, Flipboard meroket setelah diluncurkan pada iPad. Menyusul sukses itu, pada Desember 2011, aplikasi ini hadir di iPhone. Bahkan, belakangan aplikasi ini sempat hadir secara eksklusif di Galaxy S3. Kini, aplikasi ini sudah hadir di seluruh platfrom.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar