Selasa, 07 Januari 2014

Ini mobil tanpa BBM pertama Toyota

Toyota benar-benar membawa konsep kendaraan ramah lingkungannya pada gelaran CES 2014 kali ini. Secara resmi, mereka memperkenalkan mobil pertama dengan hidrogen dan udara sebagai bahan bakar utamanya.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (6/1), mobil berbentuk sedan berwarna biru ini disebut bebas emisi dengan hanya mengeluarkan limbah berbentuk uap air. Mobil ini tidak lagi butuh di charge seperti mobil listrik atau diisi BBM karena tenaganya bersumber dari percampuran udara dan hidrogen yang mampu memanaskan air yang kemudian berubah menjadi listrik.
"Hidrogen dan oksigen sangat pas untuk menciptakan air dan listrik," kata juru bicara Toyota.
Mobil yang siap rilis pada 2015 ini disebut mampu berjalan sejauh 500 km dengan tangki penuh. Mobil ini pun disebut sebagai mobil non-BBM dengan bahan bakar efektif.
Masalah yang ada saat ini tinggal bagaimana ketersediaan stasiun pengisian hidrogen dan oksigen di pasaran saja. Jika kedua hal ini tak ada, maka alternatif transportasi darat ramah lingkungan ini pun akan sulit terjual.
Toyota sudah sejak 20 tahun silam tergerak untuk membuat mobil dengan tenaga hidrogen. Sebenarnya upaya ini sudah menampakkan hasil pada 2002 sayang saat itu prototypenya masih belum sempurna.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar