BlackBerry baru saja mengumumkan kesuksesan BlackBerry Messenger (BBM)
menggaet 20 juta anggota baru yang berasal dari pengguna Android dan
iOS.
Capaian ini tak lantas membuat BlackBerry berpikir ulang untuk menarik iuran dari pengguna BBM
lintas platform.
BlackBerry memastikan, layanan BBM untuk pengguna Android dan iOS akan tetap gratis selamanya.
"BBM
sudah jelas merupakan sebuah layanan gratis," tegas Andrew Bocking,
Executive Vice President of BBM BlackBerry, saat diwawancarai The Morning Edition.
Meski
digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk
menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. "Kami punya
cara lain untuk menguangkan layanan ini," kata Andrew.
BlackBerry
menyatakan, BBM akan menghasilkan keuntungan melalui kombinasi
marketing dan iklan dari berbagai fitur yang saat ini belum diluncurkan,
salah satunya BBM Channel.
Ya, BlackBerry akan memasang iklan di BBM untuk Android dan iOS.
BBM
Channel sendiri adalah fitur baru yang rencananya akan ditambahkan ke
BBM. Channel memungkinkan pengguna untuk berlangganan sebuah kanal yang
dikelola oleh brand atau pengguna lain, mirip dengan mekanisme
Twitter. Sejak pertama diperkenalkan Mei lalu, BBM Channel masih berada
dalam tahap beta di BlackBerry Beta Zone.
Ini berarti begitu BBM
Channel rampung dan menyambangi BBM lintas platform, berbagai macam
iklan akan "berseliweran" di layar Android, iPhone, dan iPad saat
pengguna mengakses layanan tersebut.
Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone hanya memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi.
Fitur voice chat dan video chat dijanjikan BlackBerry akan hadir di BBM lintas platform "dalam beberapa bulan mendatang".
[Sumber]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar