Minggu, 03 November 2013

Gerhana Matahari Langka Bikin Sejumlah Tempat di Dunia Diselimuti Kegelapan

Gerhana matahari langka akan menyapu seluruh dunia, dan akan membuat wilayah Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat diselimuti kegelapan.
Dikenal sebagai gerhana "hybrid", dimana pancaran sinar matahari akan tertutup bervariasi di seluruh
dunia, Minggu (3/11/2013).

Kota-kota di garis khatulistiwa di benua Afrika, akan melihat gerhana total, yang berlangsung sampai satu menit.
Sementara di wilayah Eropa selatan, Timur Tengah, pantai timur Amerika Utara, dan bagian utara Amerika Selatan akan melihat gerhana annular, atau sebagian.

Jose Afonso, Direktur Pusat Astronomi dan Astrofisika di Unversitas Lisbon di Portugal mengatakan gerhana jenis ini langka terjadi.

"Sepanjang hidup Anda, jika anda tinggal di tempat yang sama, kemungkinan anda melihat gerhana matahari seperti ini kemungkinan dua kali mungkin melihat gerhana matahari total kali atau dua kali," ujarnya seperti dikutip dari Skynews.com.

"Ini adalah peristiwa yang sangat jarang terjadi," lanjutnya. Para astronom memperingatkan kepada orang-orang untuk tidak melihat langsung ke arah Matahari tanpa alat khusus.

Gerhana dapat dilihat melalui teropong atau teleskop dengan memproyeksikan matahari ke atas selembar kartu atau kertas, atau dengan menggunakan kacamata gerhana yang menyaring sinar matahari.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar