Senin, 18 November 2013

GreatFire mengelabui sensor China

Jumat lalu, kami melaporkan bahwa situs Wall Street Journal (cn.wsj.com) dan Reuters (cn.reuters.com) berbahasa China diblok oleh pemerintah China. Seperti yang dilaporkan oleh TheNextWeb, sebagai respon terkait hal tersebut, situs aktivis anti-sensor GreatFire.org, yang
memonitor pemblokiran situs di China, telah meluncurkan sebuah situs duplikasi Reuters China.

Situs ini dibuat di server Amazon Web Services, dan kami telah mengkonfirmasi bahwa situs tersebut dapat diakses di belakang Great Firewall.

Pastinya, hanya pembaca aktif Reuter yang mau repot-repot mencari situs ini, sementara link ke situs aslinya masih tidak bisa diakses. Merujuk pada hal ini, situs duplikasi ini tampaknya lebih simbolis daripada praktis.

Situs versi berbahasa Inggris masih dapat diakses, dan melewati firewall melalui VPN juga adalah sebuah alternatif umum.

GreatFire juga bertanggung jawab untuk FreeWeibo.com, yang memungkinkan pengguna untuk melihat post dari Sina Weibo yang telah disensor.

Lalu kenapa situs-situs ini tidak disensor? TheNextWeb menjelaskan:

"Untuk menciptakan situs duplikasi, GreatFire menggunakan subpath Amazon dan domain Google yang mendukung akses HTTPS. Ini berarti China perlu memblokir hosting domain yang dioperasikan oleh Google dan Amazon untuk menghentikan akses ke situs duplikasi."

Karena banyak situs di China yang bergantung pada dua domain tersebut, GreatFire berani bertaruh bahwa pemerintah China tidak akan berani memblokirnya.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar