Senin, 04 November 2013

Pejabat Tinggi Uni Eropa Bawa Tiga Agenda Penting ke Indonesia

Pejabat Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Catherine Ashton, pada Senin, 4 November 2013, bertamu ke Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, di Jakarta. Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih dari satu jam, Ashton menyebut ada tiga misi
penting yang dia bawa ke Indonesia.

"Ketiga tujuan itu salah satunya yakni memperkuat kerja sama ekonomi antara UE dengan Indonesia. Indonesia saat ini merupakan negara yang tengah menikmati pertumbuhan ekonomi sebanyak lima persen. Itu merupakan pertanda baik dan tantangan terbesar," ujar Ashton.

Tujuan kedua, Ashton melanjutkan, adalah memperkuat dialog politik dengan Indonesia. Ashton mengaku sering bertemu dengan Menlu Marty dalam berbagai kesempatan untuk membahas berbagai isu.

"Kami juga ingin meningkatkan kerja sama di bidang demokrasi dan hak asasi manusia," kata dia.

Sementara itu, tujuan terakhir, dia ingin membicarakan perkembangan isu-isu regional di ASEAN dan Uni Eropa.
"Bagi kami, Indonesia merupakan negara penting di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memainkan peranan penting di kawasan ASEAN. Bagi kami, memiliki kepentingan dan mendukung proses penyelesaian konflik di Myanmar," kata dia.

UE, imbuh Ashton, juga ingin membantu negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk dalam mewujudkan integrasi ekonomi dan politik. Dia berharap, hasil dari pertemuan hari ini dengan Menlu Marty dapat membawa hubungan Indonesia dan UE ke tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu, Menlu Marty menyatakan bahwa dari pertemuannya dengan Ashton, akan ada Kesepakatan Kerja Sama Kemitraan (PCA) antara Indonesia dengan UE. Dia pun turut memuji Ashton dan menganggap sosoknya merupakan figur penting di kawasan Asia Pasifik.

"Ashton merupakan figur yang memberikan perhatian penting dalam perkembangan di Asia Pasifik," ujar Marty.
Usai bertemu dengan Marty, Ashton dijadwalkan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Dari sana, dia kemudian bertolak ke Kantor Sekretariat Jenderal ASEAN di Jakarta Selatan.

Ashton juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Le Luong Minh dan meresmikan Kantor Kerja Sama UE-ASEAN.



[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar