Kamis, 21 November 2013

Situs BNN yang diduga terserang hacker mulai pulih

Sepertinya tak butuh waktu lama untuk membangkitkan situs bnn.go.id yang sebelumnya diduga diserang hacker. Kini, situs milik Badan Narkotika Nasional tersebut sudah pulih meskipun wujudnya masih compang-camping.

Pantauan merdeka.com (21/11), saat berita ini dimuat, situs tersebut ternyata sudah bisa diakses dengan alamat http://www.bnn.go.id/. Padahal, sebelumnya situs ini sama sekali tak bisa diakses dan dinyatakan down di segala penjuru oleh status.ws.
Namun begitu, meski sudah bisa diakses, situs ini tampilannya masih compang-camping. Tercatat, halaman index, atau laman depan situs ini tak ada. Hanya ada sebuah tampilan putih dengan empat tautan yang kemungkinan adalah folder dari situs tersebut.
Jika salah satu tautan ini diklik pun takkan menghasilkan apa-apa karena ternyata aksesnya ditutup oleh webmaster situs tersebut.
Padahal, sebelum serangan sendiri, atau tepatnya pada 20 November 2013 kemarin, terpantau situs ini masih beroperasi normal. Situs tersebut saat itu masih menampilkan berbagai informasi mengenai kinerja dan seluk-beluk seputar pemberantasan narkoba di Indonesia.
Jika diteliti lewat archive.org sendiri, tampilan yang ditunjukkan oleh bnn.go.id ini mirip dengan yang terjadi pada 17 dan 19 Oktober lalu. Sementara, archive.org memantau situs ini terakhir kali berjalan normal pada 5 Agustus.
Sebelumnya memang muncul dugaan bahwa situs ini juga jadi korban cyber war yang berkecamuk di Australia. Namun begitu, hingga kini belum diketahui kenapa atau siapa yang menyebabkan situs tersebut tidak bisa diakses. Dugaan serangan hacker pun menguat mengingat saat ini berbagai situs pemerintahan baik dari Australia maupun Indonesia silih berganti diserang hacker.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar