Minggu, 09 Maret 2014

AS Selidiki Pencurian Paspor Terkait Pesawat Hilang

Keberadaan dan kondisi pesawat Malaysia Airlines, dengan nomor penerbangan MH-370 masih belum ditemukan. Peristiwa ini juga sangat menyita perhatian dunia. Bahkan, Amerika Serikat ikut turun tangan dalam kasus tersebut.
Terlebih lagi, setelah ditemukan adanya dua orang penumpang yang menggunakan paspor palsu. Paspor palsu itu milik warga negara Austria, Christian Kozel. Paspor Kozel dicuri di Thailand tahun lalu.

Sementara itu, yang satu lagi adalah warga negara Italia, Luigi Maraldi. Paspor Luigi juga hilang karena dicuri di Thailand.

Seorang pejabat senior intelijen AS, yang tak ingin disebutkan namanya menyatakan, lembaga penegak hukum dan intelijen sedang menyelidiki masalah pencurian paspor tersebut. 

Dikatakan pejabat intelijen tersebut, pihaknya telah mencatat bahwa dokumen palsu sering digunakan oleh penyelundup dan imigran gelap. "Pada saat ini, kami belum identifikasi hal ini sebagai aksi terorisme," katanya seperti dikutip dari NYTimes

Sementara itu, pejabat Eropa merasa terkejut karena penumpang dengan paspor palsu lolos pemeriksaan di imigrasi, dan bisa naik ke pesawat.

Para ahli keamanan di Asia menjelaskan, penggunaan dokumen perjalanan palsu adalah masalah yang berkembang di wilayah ini.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar