Selasa, 08 November 2016

[VIDEO] 5 Artefak Yang Sulit Untuk di Jelaskan

Artefak dari Suku Maya
Manusia sangat suka mempelajari sejarahnya sendiri. Karena dengan belajar sejarah, manusia akan lebih mengerti tentang kehidupan. Segala macam cara dan metode dilakukan untuk mempelajari sejarah, salah satunya adalah dengan mempelajari benda-benda kuno peninggalan jaman dahulu.
Berikut beberapa artefak purbakala yang cukup aneh dan misterius. Ada beberapa artefak yang sampai sekarang fungsi dan cara pembuatannya masih belum bisa dijelaskan oleh ilmuwan dan ahli sejarah. Yuk kita simak!

1.  Cincin-Jam Swiss

Cincin-Jam Swiss yang ditemukan oleh para arkeolog
Sekelompok arkeolog dan wartawan film dokumenter melakukan sebuah penelitian pada   sebuah makam yang tersegel berusia 400 tahun yang berasal dari Dinasti Ming di   Shanxi, Tiongkok Selatan.  Saat makam di bongkar ditemukan benda logam aneh merupakan cincin emas kecil,   dengan jam di bagian depannya, dan tebal sekitar dua milimeter.  Jarum kecil pada jam menunjukkan waktu telah berhenti pada pukul 10:06. Dan pada   bagian belakang jam kecil itu terdapat tulisan “Swiss” dalam bahasa Inggris.

2. Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism di Museum Arkeologi Nasional
Pada 1901, para penyelam Yunani di perairan pulau Antikythera menemukan sebuah   benda peninggalan dari sebuah puing-puing bangkai kapal yang karam di dasar laut   tahun 80 SM.  Benda dengan bentuk seperti sebuah jam beker ini kemudian dikenal sebagai   Antikythera Mechanism, benda tersebut merupakan komputer analog kuno yang dirancang   untuk menghitung posisi astronomi.  Benda ini mampu melacak jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, penghitungan   gerhana secara tepat, pergerakan orbit bulan yang tidak umum serta posisi planet.   Antikythera Mechanism kini disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani).

3. Pesawat Quimbaya

Tampilan dari Pesawat Quimbaya
The Quimbaya Airplanes (atau Tolima Airplanes) adalah artefak yang terbuat dari   emas, ditemukan di Kolombia dan dibuat oleh peradaban Quimbaya. Usia artefak ini   antara 1000 SM-1000 AD.  Bentuknya sangat mirip dengan desain pesawat modern dan berukuran 2 sampai 3 inci,   Menurut ahli arkeologi masing-masing menggambarkan burung, kadal, amfibi dan   serangga umum di wilayah itu.

4.  Helikopter di Kuil Abydos

Foto Asli vs Hoax dari hieroglif di kuil Abydos
 Pada tahun 1848, sebuah ekspedisi arkeologi yang bekerja di Mesir menemukan   hieroglif berbentuk layaknya, helikopter, pesawat terbang, dan kapal selam, objek-  objek yang tercipta pada abad ke-20.  Helikopter yang tergambar di langit-langit kuil tersebut memiliki baling-baling,   kokpit dan ekor, persis seperti helikopter modern. Sedangkan dua ukiran lain   sepertinya menunjukan gambar kapal selam dan pesawat.  Hieroglif tersebut ditemukan di sebuah kuil yang didirikan oleh Firaun Seti I   sekitar 3.000 tahun yang lalu. Dan muncul foto diduga gambaran asli dari hieroglif   yang terlihat bukan lagi pesawat dan helikopter.

5.  London Hammer

Palu yang tertanam di sebuah batu
Pada Juni 1936 Max Hahn dan istrinya Emma menemukan sebuah batu mineral dengan   sepotong kayu mencuat keluar darinya. Terlihat sebuah palu dengan kepala besi   terlihat tertanam dengan rapi.  Sebenarnya, dalam kondisi yang umum, penemuan palu ini tidak terlalu aneh. Namun,   menjadi aneh ketika ternyata sebuah palu yang relatif modern tertanam dengan rapi   di sebuah batu berumur 110 juta tahun.  Karakteristik geologis Red Creek tempat ditemukannya batu itu berasal dari formasi   pasir Hensel dari masa Lower Cretaceous. Formasi ini diperkirakan terbentuk sekitar   110-115 juta tahun lalu.


[Referensi1] [Referensi2] [Referensi3] [Referensi4] [Referensi5] [Referensi6] [Referensi7] [Referensi8]

1 komentar: