Selasa, 10 Desember 2013

Omar Samra jadi orang Mesir pertama ke ruang angkasa

Pria asal Mesir bernama Omar Samra ditetapkan menjadi orang Mesir pertama bakal melakukan perjalanan ke ruang angkasa, setelah baru-baru ini dirinya terpilih sebagai salah satu dari 23 pemenang yang beruntung di kontes global dijalankan oleh Axe Apollo Space Academy.

Samra, yang juga menjadi orang Mesir pertama mendaki Gunung Everest pada 2007, akan membuat sebuah rekor baru dengan menjadi orang pertama dari Negeri Sungai Nil itu yang akan terbang ke ruang angkasa, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Selasa (10/12).
"Setelah berbulan-bulan melakukan kerja keras dan ketekunan saya akhirnya mendapatkan hak istimewa untuk mewakili Mesir ke ruang angkasa 100 kilometer di atas Bumi," tulis Samra di akun Twitter miliknya.
Pria 35 tahun itu dijadwalkan akan kembali ke tanah airnya pada hari ini, seperti dikutip surat kabar Al-Masry Al-Youm.
Lebih dari seratus peserta dari lebih 60 negara di seluruh dunia telah ambil bagian dalam kontes yang berlangsung selama setahun itu. Kontes itu berakhir pada Jumat pekan lalu di Kota Orlando, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat.
Perjalanan itu, yang dilakukan dengan Space Expedition Corporation, berada di bawah sebuah proyek oleh perusahaan pembuat pengharum badan Axe Apollo.
Para peserta menghabiskan waktu selama sepekan untuk pelatihan dan harus menjalani serangkaian tes fisik dan psikologis untuk membuktikan mereka layak untuk memenangkan tiket yang didambakan, seperti dikutip situs Space.com, sebuah situs menyediakan berita tentang ruang angkasa, astronomi, dan NASA.
Menurut situs itu, tiket untuk melakukan perjalanan seperti ini biasanya bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 1,1 miliar.
Para pemenang diharapkan akan memulai perjalanan mereka di tahun 2014 atau 2015.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar