Jumat, 08 November 2013

Dari mana Snowden bisa tahu seluruh rahasia Amerika?

Mau tahu kenapa Edward Snowden, sang pembocor rahasia Amerika Serikat, tahu segala hal yang pernah dilakukan NSA? Ternyata, pengetahuan ini didapatkannya dengan cara tidak etis.
Seperti yang dilansir The Verge (7/11), dikabarkan saat dirinya sedang bekerja di badan mata-mata
nasional Amerika Serikat tersebut Snowden sering kali meminta teman-temannya untuk meminjamkan akses mereka terhadap data penting negara. Tercatat, Snowden sering menggunakan akun dari 25 teman kerjanya untuk mengumpulkan data yang diinginkannya dan kemudian dibeberkan ke publik seperti saat ini.
Saat itu sendiri Snowden memang tidak memiliki akses untuk masuk ke database NSA. Sehingga, dirinya meminta teman kerjanya di NSA perwakilan Hawaii untuk meminjamkannya akses dengan alasan kebutuhan tugas yang diembannya sebagai administrator sistem.
Namun, bukannya kerja sebagai administrator sistem dengan akun tersebut, Snowden justru mengkhianati negaranya. Dirinya kemudian mengunduh beberapa dokumen rahasia negara dan membagi-bagikannya ke beberapa jurnalis.
Setelah diketahui tentang fakta ini, Reuters melaporkan bahwa teman kerja Snowden yang pernah memberikan aksesnya pada database kemudian dipecat.
Edward Snowden sendiri, meskipun dianggap pengkhianat negara oleh pemerintah Amerika Serikat, menjadi pujaan masyarakat dunia. Hal ini karena dirinya berani membeberkan tindakan penyadapan yang dilakukan NSA terhadap warga sipil di hampir seluruh dunia.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar