Selasa, 05 November 2013

India Siapkan Misi "Murah" ke Planet Mars

Badan Antariksa India atau Indian Space Research Organisation (ISRO) mengumumkan akan meluncurkan sebuah probe —wahana ruang angkasa— untuk meneliti Planet Mars, hari Selasa waktu setempat.


Melansir Space Daily, 6 November 2013, probe tak berawak yang memiliki berat 1,35 ton itu akan diterbangkan oleh sebuah roket untuk menempuh jarak sekitar 200 juta kilometer untuk sampai ke Mars.

Rencananya, probe yang memiliki nama Mangalyaan ini sudah dipasang sensor canggih yang bertugas mengukur atmosfer Mars dan mencari jejak metana untuk membuktikan pernah ada kehidupan primitif di Planet Merah tersebut.

"Penelitian ke Planet Mars adalah sesuatu yang sulit. Dari 51 misi luar angkasa, hanya 21 misi yang sukses meneliti Planet Mars," kata K. Radhakrishnan, Kepala ISRO.

Dia mengatakan, meski misi ruang angkasa ini berbiaya relatif murah hanya sekitar US$73 juta, setara Rp829 miliar, tapi, India tidak gentar akan kegagalan.

"Kegagalan adalah batu loncatan untuk menjadi sukses. Jika misi ini berhasil tentu akan menjadi kebanggaan nasional India dan meningkatkan reputasi teknologi India di mata internasional," ujar Radhakrishnan.

Radhakrishnan juga menyangkal misi ruang angkasa ini untuk bersaing dengan China yang sebelumnya gagal melakukan misi ke planet Mars, tepatnya tahun 2011 lalu.

"Misi ruang angkasa adalah salah satu kunci sukses dalam pembangunan negara. Di ruang angkasa, kita bisa menempatkan satelit untuk memantau prakiraan cuaca untuk membantu para petani dan juga membangun jaringan komunikasi satelit," tegas Radhakrishnan.

Dalam peluncuran probe Mangalyaan, ISRO bekerja sama dengan NASA dalam pemantauannya. NASA melakukan pemantauan selama probe terbang di ruang angkasa hingga sampai ke planet Mars.

Sampai saat ini, hanya Amerika Serikat, Rusia, dan Uni Eropa yang berhasil menjalankan misi ke planet Mars. Jika misi yang dilakukan India sukses, maka India akan menjadi negara di Asia pertama yang sukses melakukan misi ke Mars.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar