Senin, 11 November 2013

Kemenkum HAM belum pastikan penyebab situsnya down

Situs milik Kementerian Hukum dan HAM yang beralamat di www.kemenkumham.go.id dikabarkan mengalami down. Apabila dibuka, terdapat pesan 502 bad gateway. Pesan ini mengindikasikan ada kesalahan server dari situs ini bernaung.


Pantauan merdeka.com, Senin (11/11), hingga pukul 16.30 WIB, situs resmi milik Kemenkum HAM ini belum juga diperbaiki. Tampilan layarnya pun masih tetap sama sejak diinformasikan mengalami down dini hari tadi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Humas Kementerian Hukum dan HAM, Maroloan J Barimbing menyatakan belum mengetahui penyebab down-nya situs tersebut. Pihaknya tengah berupaya melakukan perbaikan agar tampilannya kembali seperti sedia kala.

"Memang ada gangguan, tapi belum jelas karena hack atau sistem yang down," ujar Maroloan saat berbincang dengan merdeka.com.

Mengenai sistem keamanan yang dimiliki, dia menyatakan pengamanan dilakukan dengan keberadaan anti virus, serta berbagai macam aplikasinya. Ia juga yakin, secara teknologi, seluruh aplikasi tersebut secara teknologi sudah cukup memadai.

"Ya, karena untuk menentukan karena hack atau hal lain. Tapi biasanya gangguan tidak lama, tidak juga menjadi rusak sistemnya," sahut dia.

Sejauh ini, Kementerian Hukum dan HAM masih melakukan koordinasi dengan tim IT untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi terhadap situs resminya. "Kita punya center untuk itu, jadi teknisinya bisa mengamankan," pungkasnya.

Sebelumnya, perang cyber antara Australia vs Indonesia seakan tak terhindarkan lagi. Keduanya saling menghimpun pasukannya dan menyerang tiada henti.

Setelah menewaskan situs penting Australia http://asis.gov.au, hacker Indonesia saat ini tengah menembak sasaran-sasaran penting lainnya, yaitu http://asd.gov.au dan http://defence.gov.au.

Berdasarkan pemantauan merdeka.com, hacker Indonesia sulit menembus kedua website yang dimaksud, diduga pihak Australia telah menggandakan keamanannya pada website-website strategis.

Belum juga berhasil meretas situs pemerintah Australia lainnya, Indonesia kebobolan dengan dimatikannya situs Kementerian Hukum dan HAM oleh hacker Australia.

Setelah kemarin ramai mencuat isu diretasnya situs Bareskrim dan Polri, sejak beberapa saat lalu terlihat bahwa situs Kementerian Hukum dan HAM tidak bisa diakses alias down. Bahkan situs ini dinyatakan down 100 persen atau 404 Not Found.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar