Jumat, 29 November 2013

Komet ISON akhirnya temui ajal setelah berusaha lewati matahari

Memang sebelumnya pernah diprediksikan bahwa komet ISON atau Comet of the Century akan hancur ketika melewati matahari. Dan, prediksi tersebut ternyata benar.

Komet ISON adalah sebuah komet yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para ilmuwan, peneliti, astronom dan para pecinta wahana angkasa. Dikarenakan komet tersebut merupakan benda langit berekor yang paling terang di tahun ini.

Pernah ada satu informasi bahwa lintasan komet ISON ini nantinya setelah melintasi bumi dan Merkurius, kemudian akan bergerak menuju matahari.

Dikarenakan komet ini merupakan kumpulan dari es, batu dan debu angkasa, maka diprediksikan bahwa ketika melewati pusat tata surya itu, komet ISON tidak akan selamat dan hancur.

Dikutip dari BBC (28/11), seperti yang diprediksikan sebelumnya, akhirnya komet ISON 'menemui ajal' setelah berusaha melewati matahari dengan pijarnya yang teramat sangat panas tersebut atau lebih dari 2000 derajat Celcius.

Melalui teleskop dari bumi, para peneliti tidak lagi melihat pergerakan lanjutan bahkan bentuk dari komet ISON tersebut. Para peneliti dari European Space Agency mengatakan bahwa 'kematian' komet ISON tercatat pada pukul 21:30 GMT.


[Sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar