Yamaha Indonesia akhirnya resmi mendatangkan YZF-R6 rasa Eropa. Motor
sport yang perdana keluar di pasaran tahun 1998 ini pun nikmat
dikendarai di jalan raya dalam keseharian di luar sirkuit. Di Indonesia
ia dibanderol Rp 235 juta OTR Jakarta. Yamaha R6 tersedia warna Race
Blue, Matt Grey, dan Competition White.
Menilik lebih
dalam,suspensi R6 diklaim fleksibel karena pengaturannya dapat
disesuaikan untuk harian dan balap. Sensasi berkendaranya responsif dan
pengendaranya bisa pamer desain bodi radikal yang mewakili aura motor
dengan performa mumpuni dan juga lincah dalam menaklukan setiap
tikungan. Memakai rangka deltabox alumunium yang terinspirasi MotoGP
sehingga membuat pengendalian terasa mantap.
Yamaha R6 dibekali
mesin 599cc berteknologi YCC-I dan YCC-T (Yamaha Chip Controlled
Throttle) seperti R1. YCC-T adalah teknologi MotoGP dengan teknologi
fly-by-wire untuk memberikan throttle response yang instan, dengan
teknologi ini mampu mengontrol udara masuk ke dalam lubang bakar
sehingga pembakaran optimal.
Selain itu tenaga yang dihasilkan
selalu hadir di setiap putaran mesin. YCC-I (Yamaha Chip Controlled
Intake) yaitu sistem variabel intake yang mampu membuat tenaga mesin
lebih bertenaga di semua tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara
bisa menyesuaikan kebutuhan mesin.
Bekal lainnya, R6 memakai
knalpot titanium yang dilengkapi EXUP, yakni katup yang mengatur aliran
gas buang sesuai dengan kecepatan motor. Hasilnya, kinerja mesin menjadi
responsif dan efisien.
Kesan motor balap pada R6 juga dirasakan dari koplingnya yang terasa
halus saat menurunkan gigi. Itu dikarenakan adanya teknologi slipper
clutch yang dapat meredam torsi di roda belakang saat pindah gigi ke
posisi lebih rendah pada saat putaran mesin terlalu tinggi.
Mesin
R6 juga dibangun silinder tanpa liner berlapis ceramic-composite yang
memiliki karakter pelepasan panas yang baik untuk power delivery yang
konsisten dan berkurangnya hambatan gesek.
Sedangkan sasisnya
terbangun dari subframe magnesium menyebabkan berat motor yang terpusat
di tengah. Ada pula four-way adjustable (preload, high-speed
compression, low-speed compression dan rebound damping) upside down fork
dengan 41 mm inner tubes, memungkinkan setingan untuk penggunaan di
jalan raya atau menyesuaikan kondisi sirkuit.
R6 memiliki rem
depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master
cylinder and adjustable lever serta cakram belakang. Sementara, kesan
sporty diperkuat double headlamp depan sesuai ciri khas motor sport.
Dilengkapi AHO di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Desain lampu
belakangnya meruncing selaras dengan ujung bodi bagian belakang,
menonjolkan identitas motor sport modern.
Kemudian speedometer
yang tampil sporty dengan kombinasi instrumen digital dan analog serta
multifungsi karena terdapat indikator pendukung yang lengkap pada
multifunction display.
[Sumber]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar